Arema FC Tekuk PSIS Semarang, Barito Putera Bangkit Dari Keterpurukan

By ommed


nusakini.com - Arema FC membutuhkan gol menit akhir untuk memetik kemenangan pertama setelah mengalahkan PSIS Semarang dengan skor 2-1 dalam pertandingan pekan kedua Liga 1 2022/23 di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (30/7) malam WIB.

Hasil ini menempatkan Arema di peringkat delapan klasemen sementara dengan koleksi tiga poin. Sedangkan PSIS masih belum memperoleh kemenangan, karena di laga sebelumnya hanya memperoleh hasil imbang.

PSIS yang membawa misi membalas kekalahan di semi-final turnamen pramusim Piala Presiden 2022 menunjukkan permainan agresif sejak laga dimulai. Di lain sisi, Arema mengawalinya dengan tempo sedang.

Arema dan PSIS silih berganti melakukan tekanan demi mengungguli lawannya. Mereka mendapat kesempatan untuk membuka keunggulan sepanjang babak pertama, namun penyelesaian akhir yang buruk membuat skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama usai.

Permainan Arema dan PSIS tidak mengalami perubahan. Duel sengit di antara kedua tim tetap terjadi. Namun PSIS mampu menguasai bola lebih banyak dibandingkan tuan rumah.

PSIS membuat Stadion Kanjuruhan senyap setelah mereka sukses memecah kebuntuan terlebih dulu pada menit ke-75 melalui tendangan Taisei Marukawa setelah menerima umpan lemparan ke dalam yang dilakukan Frendi Saputra.

Namun keunggulan PSIS ini tidak bertahan lama, karena Arema berhasil menyamakan kedudukan selang empat menit kemudian. Ilham Udin Armaiyn memanfaatkan bola liar di kotak penalti PSIS untuk menaklukkan Ray Redondo.

Di saat PSIS bersiap menerima satu poin, gawang mereka justru kebobolan menjelang laga berakhir. Johan Alfarizi diselesaikan Sergio Silvi untuk menjebol gawang PSIS sekaligus memberikan Arema kemenangan 2-1.


Sementara dari Martapura, Barito Putera mampu bangkit dari kekalahan menyakitkan 8-0 di laga perdana. Bermain di Stadion Demang Lehman, Barito Putera sukses memetik kemenangan 3-1. Raihan tiga angka menempatkan Barito Putera di posisi kesembilan klasemen sementara.

Barito Putera mengawali pertandingan dengan baik, dan memperlihatkan permainan terbuka. Skema yang sama juga diterapkan Borneo FC, sehingga laga berlangsung menarik. Tuan rumah sudah membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-27 melalui gol Rafael Silva menyambut umpan Abrizal Umanailo dari sisi kanan serangan.

Selanjutnya ambulans terpaksa masuk ke dalam lapangan pada menit ke-22 kesetelah penjaga gawang Angga Saputra mendapatkan cedera cukup serius usai bertabrakan dengan Rafinha. Angga pun akhirnya digantikan Shahar Ginanjar.

Borneo FC yang berusaha mengejar ketertinggalan akhirnya mampu menyamakan kedudukan melalui tendangan spekulasi Ahmad Nur Hardianto dari sisi kiri serangan setelah menerima umpan lemparan ke dalam dari Irsan Lestaluhu. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Permainan Barito Putera dan Borneo FC tidak mengalami perubahan di babak kedua. Kubu Laskar Antasari kembali bersorak kegirangan setelah mengungguli lawannya di menit ke-51 lewat sundulan Renan Alves menyambut sepak pojok Rizky Pora. Rafael De Oliveira memastikan Barito Putera meraih kemenangan 3-1 pada menit ke-78. (gi/om)